Selasa, 26 Januari 2010

LAMBANG-LAMBANG DARI KE 4 INJIL

Masing-masing penulis dari keempat Injil telah melakukan pekerjaannya dari suatu sudut pandangan tertentu. Sering kali para penulis Injil-injil tersebut dilukiskan pada jendela kaca, dalam bentuk simbol. Simbol-simbol itu berbeda-beda tetapi yang paling umum adalah ini.


Lambang dari Markus adalah seorang laki-laki. Markus adalah yang paling sederhana dan sangat lugu dalam penyajiannya. Memang dikatakan bahwa watak Markus adalah realisme. Injilnya hampir merupakan sebuah laporan mengenai kehidupan Yesus.

Lambang Matius adalah seekor singa. Matius adalah seorang Yahudi yang menulis untuk orang Yahudi dan ia melihat di dalam diri Yesus, Sang Mesias itu, singa dari suku Yehuda, yang telah dinubuatkan oleh nabi-nabi.

Lambang Yohanes adalah burung rajawali. Seekor burung rajawali dapat terbang lebih tinggi daripada bu¬rung lainnya. Dikatakan bahwa di antara segala makhluk hidup hanyalah burung rajawali yang sang-gup menatap matahari. Injil Yohanes adalah suatu Injil teologis; pemikiran-pemikirannya lebih tinggi dari yang lain. la adalah Injil di mana seorang filsuf dapat menemukan tema-tema untuk dipikirkan seumur hidupnya dan memecahkannya di dalam kekekalan.

Lambang Lukas adalah anak lembu. Anak sapi adalah binatang yang biasanya dipakai sebagai kurban; dan Lukas melihat bahwa Yesus adalah kurban untuk seluruh dunia. Lagi pula, di dalam Injil Lukas segala batas dan penghalang dihancurkan dan Yesus adalah bagi orang Yahudi maupun orang kafir, baik bagi orang kudus maupun bagi orang berdosa. la adalah Juruselamat dunia.

Di kutif dari buku Pemahaman Alkitab Setiap Hari LUKAS
Penulis: William Barclay
Penerbit: BPK Gunung Mulia, cetakan ke 4 tahun 2000


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar